>

Pengenalan RAM


RAM (Random Access Memory)
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari  media  penyimpanan  memaksa  komputer  untuk  mengakses  data  secara berurutan.
Pertama  kali  dikenal  pada  tahun 60'an. Hanya  saja saat  itu  memori
semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim  untuk  menggunakan  memori  utama  magnetic.  Perusahaan  semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM  , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory,  ROM),  RAM  biasanya  digunakan  untuk  penyimpanan  primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif,   meskipun   beberapa   alat   menggunakan   beberapa   jenis   RAM   untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena  sifatnya  yang  sebenarnya  juga  Random  Access  seperti  halnya  SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Static RAM
Secara  internal,  setiap  sel  yang  menyimpan  n  bit  data  memiliki 4  buah
transistor yang menyusun beberapa buah rangkaian Flip-flop. Dengan karakteristik rangkaian Flip- flop ini, data yang disimpan hanyalah berupa Hidup (High state) dan Mati (Low  State)  yang  ditentukan  oleh  keadaan  suatu  transistor.  Kecepatannya dibandingkan dengan Dynamic RAM tentu saja lebih tinggi karena tidak diperlukan sinyal refresh untuk mempertahankan isi memory.
Memori  akses  acak  statik (bahasa  Inggris:  Static Random  Access Memory, SRAM) adalah sejenis memori semikonduktor. Kata "statik" menKitakan  bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM)  yang  membutuhkan  untuk  "disegarkan" ("refreshed")  secara periodik.  Hal  ini  dikarenakan  SRAM  didesain  menggunakan  transistor  tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM  tidak  membutuhkan  refresh  periodik.  SRAM  juga  didesain  menggunakan desain  cluster  enam transistor  untuk  menyimpan  setiap  bit  informasi.  Desain ini membuat SRAM lebih mahal tapi juga lebih cepat jika dibandingkan dengan DRAM. Secara fisik chip, biaya pemanufakturan chip SRAM kira kira tiga puluh kali lebih besar  dan  lebih  mahal  daripada  DRAM.  Tetapi  SRAM  tidak  boleh  dibingungkan dengan memori baca-saja dan memori flash, karena ia merupakan memori volatil dan memegang data hanya bila listrik terus diberikan.
Akses acak menKitakan bahwa lokasi dalam memori dapat diakses, dibaca atau ditulis dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan lokasi alamat data tersebut dalam memori.
Chip SRAM lazimnya digunakan sebagai chace memori  , hal ini terutama dikarenakan kecepatannya. Saat ini SRAM dapat diperoleh dengan waktu akses dua nano detik atau kurang , kira kira mampu mengimbangi kecepatan processor 500 MHz atau leb

Dynamic RAM

Secara  internal,  setiap  sel  yang  menyimpan 1  bit  data memiliki                  1  buah transistor dan  1 buah kondensator. Kondensator ini yang menjaga tegangan agar tetap  mengaliri  transistor  sehingga    tetap  dapat  menyimpan  data.  Oleh  karena penjagaan arus itu harus dilakukan setiap beberapa saat (yang disebut refreshing) maka proses ini memakan waktu yang lebih banyak daripada kinerja Static RAM. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, modul memori berkembang beriringan dengan perkembangan processor. Jenis DRAM ini juga mengalami perkembangan.
Synchronous  Dynamic  Random  Access  Memory (disingkat  menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun  1996 hingga  2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan  menjadi  kecepatan 100  MHz  (dipasangkan  dengan  Intel  Pentium
III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4 dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset
yang stabil. Setelah itu, akibat produksinya yang semakin dikurangi, harganya pun melonjak tinggi, dengan permintaan pasar yang masih banyak; dengan kapasitas yang sama dengan DDR-SDRAM, harganya berbeda kira-kira Rp.  150000 hingga 250000. 

2 comments:

Kolong PIKIR said...

dah lama ga baca yang beginian...
dulu seneng banget ama yang namanya baca-baca info seputar hardware

salam kenal kang,
Kolong PIKIR

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

HILANGKAN JERAWA ANDA

HILANGKAN JERAWA ANDA

MENJADI TEKNISI LAPTOP MAU?

Belajar Toko Online DROPSHIP

120 JUTA MAU KLIK LINK DIBAWAH INI !

JAGO WEB DESAIN BELAJAR DISINI !!

Isikan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung Blog