>

Memory Module


Memory Module dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
1.    Single In-Line Memory Module
Single pada SIMM ini dimaksudkan dalam penomoran pin. Pada penampakan fisiknya, pin dan pin yang berada tepat dibaliknya memiliki nomor yang sama. Artinya kedua pin itu sekuens proses yang sama.   SIMM yang pertama kali dibuat dalam modul 8 bit. Hal ini dimaksudkan untuk penyelarasan lebar data dari processor itu sendiri.  SIMM  generasi  pertama  ini  diperuntukkan  PC  generasi  sebelum  80286. Sebagai catatan, Processor generasi  8086 dan teman-temannya, hanya memiliki lebar data untuk floating point  (representasi internal dari sebuah processor yang menganggap semua bilangan yang diterima oleh bagian input ALU dan/atau COU menjadi bilangan biner tak bertKita (unsigned binary representation). Bila bilangan yang diubah ke biner memiliki lebih dari  8 digit bilangan,   maka perhitungan akan dilakukan  dengan 8  digit  terakhir  dan  terus  dilakukan  berulang-ulang  hingga perhitungan sesuai dengan bilangan semula sebesar 8bit. Perkembangan processor juga turut mendorong perkembangan SIMM. Pada processor 32 bit (generasi Pentium), ketergantungan pada L2-Cache sangat tinggi. Tentunya membutuhkan memori  32 bit juga agar tidak terjadi bottle- neck. Pada modul  32-bit ini biasanya ditemukan  2,4, atau  8 chip di salah satu sisinya (dari penampakan fisik SIMM). Jadi dalam 1 keping memori modul yang terdiri dari 8 chip, akan bernilai 32 MB. Perhitungannya adalah sebagai berikut: 8 chip x [32 bit/sel x 524288 sel]/8 bit/MB = 32 MB. SIMM ini dapat digabungkan dengan sesama SIMM sendiri. Meskipun kecepatan  akses data yang  berbeda dan/atau  merek  yang berbeda pula. Akan tetapi, SIMM tidak bisa digabungkan dengan DIMM. Hal ini karena  akan  terjadi  'kebingungan'  Motherboard  untuk  menginisialisasi  akses ke memori mana.
 SIMM juga dikelompokkan berdasarkan jumlah pin.
>> 30 pins
·    Pertama kali dibuat dalam modul  8 FPM (Fast Page Mode) yang memiliki kecepatan 80 ns.


·    Maksimal Bandwidth (lebar jalur data ) : 176 MB/sec.
>> 72 pins

·    FPM yang berkecepatan 70 ns.
·  EDO (Extended Data Output) yang berkecepatan 60ns,   maksimal Bandwidth 264 MB/sec.

Tips memasang SIMM :.

F  Berapa jumlah soket SIMM (berwarna putih dengan kunci kaki dari logam berwarna perak) yang belum terisi. Hal ini mempengaruhi jumlah Memory Bank  yang  ada,  serta  tata  cara  pengisiannya. (Untuk  beberapa motherboard yang kuno).
F  Jenis SIMM yang akan dipasang (soket SIMM hanya mendukung jenis FPM dan EDO).
F  Keberadaan soket DIMM  (berwarna gelap dengan kunci kaki dari plastic berwarna  putih). Jika  ada  soket  DIMM  lebih  baik  "buang"  SIMM  dan gantilah dengan DIMM, karena kinerja DIMM lebih baik dari SIMM. Bila tidak di"buang",   maka   akan   terjadi   bottle-neck   kinerja   memori,walaupun MotherBoard tidak menunjukkan gejala suatu kesalahan.

2.    DIMM (Dual In-Line Memory Module
Dual  berarti  kedua  sisi  dari  penampakan  fisik  ini
menunjukkan   bahwa   dua   buah   sisi   menjalankan
sekuens    proses    masing-masing,    namun    masih mendukung satu proses utama yang sama. Meskipun processor 64-bit masih terlalu jarang untuk kalangan PC, memori telah mengembangkan jalan-nya terlebih dahulu. DIMM sekarang ini telah memiliki lebar data 64 bit. 

0 comments:

Post a Comment

Silakan Daftar dan Dapatkan Panuannya

Bisnis Toko Online 160x600

Silakan Daftar dan Dapatkan Panuannya

Mahir Microsoft Excel 160x600

Silakan Daftar dan Dapatkan Panuannya

mahir Website 300x300

Silakan Daftar dan Dapatkan Panuannya

Blogger Olshop 160x600

Isikan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung Blog