>

Pengenalan Memory Computer


MEMORY COMPUTER
Seringkali terjadi salah pengertian atau salah persepsi pada saat membahas tentang memori. Pengertian beberapa orang bahwa memori adalah 'komponen' yang berbentuk  segi  empat  dengan  beberapa  pin  di bawahnya.  Komponen  tersebut dinamakan  memory  module.  Padahal  pengertian  sebenarnya  memori  itu  adalah suatu  penamaan  konsep  yang  bisa  menyimpan  data  dan  program.  Kemudian ditambah dengan kata internal, yang dimaksud adalah bahwa memori terpasang langsung  pada  motherboard.  Dengan  demikian, pengertian  memory  internal sesungguhnya itu dapat berupa :
   First-Level (LI) Cache
   Second-Level (L2) Cache
   Memory Module
Akan tetapi pengelompokan dari memory internal juga terbagi atas :
   RAM (Random Access Memory) dan
   ROM (Read Only Memory)

Penjelasan dari masing-masing pengertian di atas adalah sebagai berikut:
1.    First Level (LI) Cache
Memory yang bernama LI Cache ini adalah memori yang terletak paling dekat dengan  prosessor (lebih  spesifik  lagi  dekat  dengan  blok  CU (Control  Unit)).
Penempatan Cache di prosessor dikembangkan sejak PC i486. Memori di   tingkat ini memiliki kapasitas yang paling kecil (hanya 16 KB), tetapi memiliki   kecepatan akses dalam hitungan nanodetik (sepermilyar detik). Data yang berada di memori ini adalah data yang paling penting dan paling sering diakses.   Biasanya data di sini adalah data yang telah diatur melalui OS  (Operating   system) menjadi Prioritas Tertinggi (High Priority).
2.    Second-Level (L2) Cache
Memori  L2  Cache  ini  terletak  di  Motherboard  (lebih  spesifik  lagi :  modul COAST  : Cache On a Stick. Bentuk khusus dari L2 yang mirip seperti Memory Module yang dapat diganti-ganti tergantung motherboardnya). Akan tetapi ada juga yang terintegrasi langsung dengan MotherBoard, atau juga ada yang   terintegrasi dengan Processor Module. Di L2 Cache ini, kapasitasnya lebih besar dari pada LI Cache. Ukurannya berkisar antara  256 KB-2 MB. Biasanya L2 Cache yang lebih besar diperlukan di MotherBoard untuk Server. Kecepatan akses sekitar 10 ns.
3.    Memory Module
Memory Module ini memiliki kapasitas yang berkisar antara  4 MB-  512MB. Kecepatan aksesnya ada yang berbeda-beda. Ada yang berkecepatan 80 ns, 60   ns, 66  MHz (=15  ns), 100  MHz(=10ns),  dan  sekarang  ini  telah  dikembangkan PC133mhZ(=7.5 ns).

0 comments:

Post a Comment

HILANGKAN JERAWA ANDA

HILANGKAN JERAWA ANDA

MENJADI TEKNISI LAPTOP MAU?

Belajar Toko Online DROPSHIP

120 JUTA MAU KLIK LINK DIBAWAH INI !

JAGO WEB DESAIN BELAJAR DISINI !!

Isikan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung Blog