>

Cara Belajar Komputer



Cara Belajar komputer dapat dilakukan dengan mudah dan seorang diri tanpa bantuan orang lain. Tetapi sebelumnya Anda harus mengetahui pengertian komputer dan teori tentang komputer. Belajar komputer dengan cepat dapat diawali dengan mengenal dan memahami sistem komputer.
Cara Belajar Komputer Bagi Pemula
Cara Belajar Komputer Bagi Pemula

Berikut ini cara belajar komputer yang praktis :
1.      Mengenal dan memahami sitem komputer.
         Sistem komputer terbagi atas tiga bagian yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan Sumber Daya Manusia (brainware).
2.      Memahami dan menguasai teknik komputer dan jaringan.
         Anda harus bertanggung jawab terhadap network (intranet maupun internet) beserta lalu lintas datanya.
3.      Aktif berpartisipasi dalam berbagai diskusi tentang komputer di internet.
4.      Mencari informasi dan pengetahuan lain dari internet.
         Internet akan menyediakan banyak informasi yang Anda butuhkan tentang komputer.
5.      Mempraktekkan seluruh informasi dan pembelajaran yang diterima secara berulang-ulang.
Segala sesuatu hal harus dipelajari dari bagian yang paling dasar. Mungkin sebelum lebih mendalami tentang Cara belajar komputer dengan cepat, Anda harus belajar instal komputer terlebih dahulu. Belajar instal komputer sama pentingnya dengan belajar cepat komputer. Maka semuanya harus dilakukan dengan porsi yang sama dan seimbang.

Cara belajar komputer di internet yang baik dan benar merupakan keinginan setiap orang yang hendak mendapatkan ilmu komputer secara gratis tanpa harus melalui kursus komputer maupun internet. Meskipun ketersediaan informasi dan bahan belajar komputer di internet begitu banyak tetapi tidak mudah untuk menemukan tips belajar yang tepat, karena kebutuhan setiap orang akan informasi dan bahan belajar komputer berbeda-beda. Oleh karena itu dibutuhkan keahlian tersendiri untuk menemukan informasi yang berhubungan dengan belajar komputer secara tepat.

Tips Penting Dalam Belajar Komputer secara Online dan gratis

Hal yang penting untuk diketahui dalam melakukan proses pembelajaran menggunakan media internet memang banyak, tetapi menurut Cara Belajar Komputer, hal yang paling penting adalah bagaimana cara mendapatkan informasi dan bahan belajar komputer yang cepat dan tepat. Informasi dan bahan belajar komputer yang ada di internet memang sangat banyak, tetapi untuk menemukan yang cepat dan tepat itu sangat sulit. Bahkan ketia kita sudah berusaha mengetikan kata kunci di mesin pencarian dengan kalimat yang lengkap, namun justru yang muncul merupakan informasi yang tidak diharapkan. Hal semacam ini dapat menghambat proses belajar komputer, dan pada akhirnya menyebabkan kejenuhan, bosan dan ditinggal begitu saja.

Oleh karena kecepatan dan ketepatan menemukan informasi di internet yang berhubungan dengan cara belajar komputer gratis sangat penting, maka di sini Cara Belajar Komputer menjelaskan tentang bagaimana cara cepat dan tepat menemukan informasi tentang Belajar Komputer.
Cara Mudah Belajar Komputer
Cara Mudah Belajar Komputer

Tips Temukan Cara Belajar Komputer Yang Tepat
1.   Carilah informasi tentang tempat belajar komputer online melalui mesin pencari seperti google dengan kata kunci yang spesifik tentang belajar komputer. Misalnya kata kunci yang digunakan adalah, Belajar Komputer Gratis, Belajar Komputer Pemula, Belajar Komputer Online Terbaik, Belajar Komputer Online Gratis.
2.   Setelah google menampilkan hasil pencariannya, jangan cepat-cepat klik tetapi perhatikan terlebih dahulu dengan seksama mulai dari topik yang disampaikan dan juga url webblog dan ringkasan kalimat yang mencerminkan isi artikel sebenarnya. Apabila dilihat dari topik, url dan ringkasan kalimat mencerminkan bahwa isi artikel yang ditemukan benar-benar tentang belajar komputer barulah diklik.
3.   Apabila pada langkah kedua di atas sudah menemukan artikel tentang belajar komputer online namun tidak sesuai dengan apa yang anda cari, jangan cepat-cepat meninggalkan webblog tersebut, karena mungkin saja artikel atau materi atau bahan belajar komputer yang anda cari ada di webblog tersebut namun anda belum menemukannya. Silahkan menggunakan fasilitas pencarian webblog tersebut untuk menemukan bahan belajar sesuai dengan yang diharapkan.
4.   Perlu diingat bahwa webblog tempat belajar gratis yang baik adalah webblog interaktif yang mana antara pengunjung dan pemilik blog bisa saling berkomunikasi baik melalui kolom komentar maupun melalui sarana komunikasi lainnya seperti email, sms, chatting dan lainnya. Hal ini sangat penting apabila anda mengalami kesulitan dalam hal belajar komputer, anda bisa menanyakan kepada pemilik blog maupun kepada pengunjung blog yang lain yang mungkin dapat membantu permasalahan anda.
5.   Carilah web blog yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang sebagai tempat belajar komputer online gratis terbaik untuk anda.
6.   Ingat dan bila perlu catat tempat belajar yang sudah anda kunjungi tersebut agar sewaktu waktu langsung berkunjung ke webblog tersebut tanpa harus mencari melalui mesin pencari.

Demikian cara belajar komputer online yang baik menurut kami. Bagaimana menurut anda, mungkin anda punya cara belajar komputer yang berbeda, silahkan berkomentar.
Saat komputer/ laptop Anda bermasalah, Anda hanya bisa minta bantuan teman atau malah ke tukang servis. Lalu Anda berpikir,”Andai saja saya tahu tentang utak atik komputer. Tapi bagaimana caranya belajar komputer? Harus mulai belajar dari apa?”
Itukah yang Anda alami?
Jika ya, Anda menemukan tempat yang tepat untuk cara belajar computer gratis. Di sini saya akan membantu Anda “menaklukkan” komputer Anda. Tidak ada hal-hal yang terlalu teoritis, rumit, dll seperti anak kuliahan. Anda hanya perlu hal-hal praktis untuk keperluan sehari-hari bukan? Itulah yang akan Anda dapatkan.
Inilah 7 hal dasar yang harus Anda ketahui untuk cara belajar komputer:
1. Komponen
Anda harus mengetahui komponen komputer. Harus tahu spesifikasi komputer Anda.
Selain itu Anda harus tahu apa fungsi masing-masing komponen komputer. Tidak perlu sampai komponen yang terlalu mendetail. Cukup beberapa komponen dasar saja seperti prosesor, RAM, hard drive, dan video card. Sedikit pengetahuan dasar tentang komponen tambahan yang sering dipakai juga akan membantu. Misalnya tentang keyboard, mouse, monitor, dll.
2. Desktop
Tiap kali menyalakan komputer, Anda akan menjumpai desktop. Jangan sepelekan desktop. Kenali desktop Anda. Ketahui fungsi-fungsi dasar yang ada di desktop.
Banyak trik dan tips desktop yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Misalnya, membuat shortcut, membuat pinned programs, mengatur tampilan tray icon, memaksimalkan fungsi-fungsi pada start menu, dll.
Percayalah, Anda akan sangat terbantu dengan pengetahuan yang baik tentang desktop.
3. Software
Sampai pada tahap ini, Anda harus mempelajari langkah-langkah dasar penggunaan software. Misalnya saja, tentang menjalankan sebuah aplikasi, membuat dokumen baru, membuka dokumen yang sudah ada, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen.
Akan sangat berguna jika Anda mengetahui cara install dan cara uninstall software. Kedua hal ini adalah yang paling sering diabaikan. Kebanyakan orang hanya mau asal pakai. Tidak mau tahu cara “memasang” dan “mencopot” software. Akibatnya jika butuh sebuah software, mereka tidak tahu harus bagaimana, repot cari bantuan.
Belajar komputer akan sangat tidak lengkap tanpa mengetahui proses install dan uninstall. Ini adalah hal dasar.
4. Perawatan Komputer
Meskipun Anda menggunakan komputer dengan benar, tidak macam-macam, tidak pernah menancapkan flashdisk, pasti suatu saat Anda akan mengalami komputer lambat.
Penyebab komputer lambat ada bermacam-macam. Bisa karena terlalu banyak temporary file yang terbentuk, terlalu banyak start up application, hard drive terlalu penuh, virus, dll.
Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan komputer. Minimal adalah perawatan sistem.
Untuk perawatan hardware, saya sarankan agar Anda melakukan dengan hati-hati. Atau jika tidak yakin, serahkan tugas ini pada teknisi komputer. Jika Anda salah melakukan perawatan, hardware bisa saja rusak. Ingat, harga hardware komputer tidak murah.
Jika sistem komputer rusak, hardware belum tentu rusak. Dan untuk saat ini tarif servis sistem komputer yang rusak kurang lebih  50 ribu. Lain halnya dengan jika hardware rusak. Jika hardware rusak, kemungkinan besar komputer tidak bisa digunakan lagi. Biaya pembelian hardware juga bisa sampai ratusan ribu.
Cara Belajar Cepat Komputer
Cara Belajar Cepat Komputer
5. Tweaking
Mungkin meskipun telah dirawat secara rutin, tapi tetap saja komputer lambat. Jika demikian Anda dapat melakukan tweaking.
Dengan tweaking, kemampuan komputer bisa ditingkatkan dan disesuaikan dengan keinginan Anda.
Untuk tweaking, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti mengganti tema, suara, screen resolution, hingga ke tweaking konfigurasi yang lebih jauh lagi.
6. Virus Komputer
Cepat atau lambat, Anda pasti akan bertemu dengan virus komputer.
Oleh karena itu, Anda harus memiliki pengetahuan tentang antivirus yang baik. Pilihlah antivirus yang tepat. Ketahuilah fitur-fitur standar yang ada pada antivirus dan cara menghapus virus. Jangan sampai Anda menggunakan antivirus canggih tapi tidak tahu cara menggunakannya.
7. Troubleshooting
Ketika komputer Anda error, Anda harus mampu mengatasinya. Minimal untuk masalah-masalah komputer yang sering terjadi.
Jika terjadi masalah, jangan segera lari cari bantuan atau ke tempat servis. Cobalah berpikir kreatif, di mana masalah tersebut terjadi. Lalu pikirkan, kira-kira hal-hal apa saja yang berhubungan dengan bagian tersebut. Terus pikirkan dan persempit pemikiran Anda hingga menemukan akar masalahnya.
Setelah ketemu, cari solusinya. Untuk mencari solusinya, gunakan internet.
Belajar komputer harus berpikir kreatif. Seperti saya sebutkan di atas, jangan langsung berpikir minta bantuan orang lain. Jika suatu saat orang tersebut jauh dengan kita, lalu bagaimana? Anda akan kerepotan.
Sekarang ini banyak informasi bertebaran di internet. Manfaatkanlah internet.
Demikian tips-tips yang dapat saya berikan kepada anda bagaimana cara belajar computer yang baik . Semoga bermanfaat. 

32 comments:

sistem jaringan komputer said...

Terimakasih bro , share blogx mantap..klo bisa tambahahin ya biar terus belajar di blog ente bro..salam sukses

Anonymous said...

wah sip banget artikelnya, mampir ke sini juga ya klo sempat cara belajar ubuntu

Unknown said...

kalau mau belajar gimana cara ya

Unknown said...

Thanks sob untuk informasinya :)
http://goo.gl/fbCCR2

Walidin said...

Belajar komputer sekarang lebih mudah dan tidak harus beli buku seperti jaman dulu, karena cari di internet juga bisa langsung ketemu caranya, salah satunya di blog ini. Tips yang bagus gan untuk dicoba.

Charis said...

Waw, lengkap nih.
Kebetulan ane TKJ, bisa untuk belajar.
Charis Fitriyanto

Kursus Online said...

dengan memanfaatkan teknologi terkini serta kolaborasi semua pihak tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu

Anonymous said...

bagus sekali artikelnya

Anonymous said...

http://bibitsalakpondohmadusuper22.blogspot.co.id/

Bibit Salak Pondoh Madu said...

Artikelnya Bagus...!!!
Semoga Sukses

Mr Baehaqi Nur, S. Si said...

Sip Mas Bos, Artikelnya bagus lah pokoke,...

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Hamzah said...

Inspiratif, Good artikel

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Blogger Pemula said...

Ok Bos, Good Artikel. Spam Nya dibuang aj bos, ngotorin

Anonymous said...

binggung cari service komputer dan kursus komputer cv.ariskomputer tempat yang pas
http://www.tangsel.ariskomputer.com
http://www.ariskomputer.com

Unknown said...

This comment has been removed by the author.

infovittera said...

keep enjoy ya gengs

Unknown said...

josss bgt boss artikelnya.....muanntaaapppp

Unknown said...

josss bgt boss artikelnya.....muanntaaapppp

Unknown said...

terimakasih gan, silahkan mampir ke blog ane membahas tentang komputer juga. www.pengertiankomputer.com

Lia said...


Cara belajar komputer dasar disini pasti bisa dan gratis karena kami tidak sekedar menjelaskan tentang awal saja melainkan benar – benar bisa menggunakan sistem operasi dengan sangat lancar. Pasti bingung kan? Apa itu sistem operasi? Hardware, software dan sebagainya, tenang saja nanti akan di kupas secara mendalam.

Tak jarang pula banyak orang yang membeli sebuah perangkat komputer / laptop tidak dapat menggunakannya, bahkan yang lebih parahnya lagi komputer yang di buat belajar menjadi rusak dan hang. Tak hanya itu juga, mempelajari sebuah komputer adalah wajib dan saat ini pembelajaran di sekolah pun telah menggunakan basis e-learning atau semua bahan ajarnya ditampilkan melalui komputer. Bagaimana dengan yang tidak bisa komputer? Tentu akan menyulitkan pembelajaran bukan?

Belajar komputer sebenarnya bisa dilakukan pada seseorang yang hobi nge-game, pasti anak – anak jaman 2016 ini mengenal game online sehingga secara tidak langsung mereka dapat belajar komputer. Namun bagaimana dengan sisi yang tidak pernah memegang komputer sama sekali? Yups, tenang dibawah ini kami menyajikan tutorial pemula untuk belajar komputer dari dasar.


http://incaralaptop.blogspot.com/2016/11/cara-belajar-komputer-dasar-untuk.html


Unknown said...

kalau cara mengetim crepat gimana sih
kalau saya ngetik kebiasaan tangan 1 mulu

Gila Game said...

mantap kang...

Unknown said...

sipp banget ni artike; jadi lebih paham

My blog

lesi arianti said...

terimakasih infonya

Unknown said...

Sangat membantu . Terimakasih sudah berbagi info

Walidin said...

Jaman sekarang mending belajar sendiri ya, kalau kursus mahal, ga kaya jaman dl, pengin bisa mesti kursus

juan said...

ijin sahre gan... sangat bermanfaat seklai artikelnya...

RajaIDR
BORNEOPOKER

Sepeda said...

Thx infonya

Unknown said...

Thengs atas info nya

Unknown said...

Terima kasih infonya ya..
Sangat bermanfaat sekali, zaman sekarang memang kita harus bisa komputer.
Bagi yang tinggal daerah kelapa gading dan ingin kursus komputer, bisa berkunjung ke sini Kursus Komputer Kelapa Gading

Post a Comment

HILANGKAN JERAWA ANDA

HILANGKAN JERAWA ANDA

MENJADI TEKNISI LAPTOP MAU?

Belajar Toko Online DROPSHIP

120 JUTA MAU KLIK LINK DIBAWAH INI !

JAGO WEB DESAIN BELAJAR DISINI !!

Isikan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Pengunjung Blog